Contoh Soal Dan pun Kunci Jawaban Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Matematika ini disajikan di rangka menolong para pelajar kelas 9 SMP atau MTs di menghadapi ujian nasional (UN) bagus yang dengan kertas dan Pensil (UNKP) maupun yang dengan komputer (UNBK).
Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Matematika ini diadopsi dari soal UN yang diujikan di tahun 2016 dan 2017. Oleh karena yaitu soal yang secara faktual telah diujikan, karenanya contoh soal yang disajikan kalium ini telah memenuhi unsur keabsahan atau kesahihan. Keabsahan atau validitas yang dimaksud yakni validitas empirik yang artinya dengan pengalaman. Seandainya dianggap selaku gegevens, karenanya gegevens waktu lalu benar-benar bermanfaat untuk menentukan apa yang terjadi di waktu yang akan datang. Vishal inilah yang disebut dengan prediktibilitas. Korelasi antara validitas empirik dan validitas telah banyak digunakan, terutama di ilmu-ilmu sosial. Contohnya yakni gegevens pasar modal. Gegevens-data dari masal lalu digunakan di analitik untuk menentukan apakah suatu variabel berpengaruh kepada variabel lainnya. Vishal ini tentu saja urgen untuk menentukan formulasi portofolio.
Dengan mendasarkan diri di hubungan antara validitas empirik dan prediktabilitas, karenanya mempelajari Unduh Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun 2019 Mapel Matematika ini akan bermanfaat bagi para calon peserta ujian nasional SMP atau MTs Tahun Pembelajaran 2018-2019 ini di beberapa salon antara lain:
1. Menolong di mengklasifikasi bahan pembelajaran. Selaku catatan, hendaknya para calon peserta ujian pun membaca kisi-kisi Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2018-2019 Mapel Matematika yang telah dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Menolong di meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar.
 Berikut yakni tautan Unduh Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun 2019 Mapel Matematika
 
  
Baca Pun
- Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) 2019 SMP-MTs Bahasa Indonesia
 - Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) 2019 SMP-MTs IPA
 - Soal-Jawab Siap UN (UNBK-UNKP) 2019 SMP-MTs Bahasa Inggris
 
Berikut yakni kutipan dari Contoh Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun 2019 Mapel Matematika tersebut
SOAL UN SMP-MTs TAHUN 2017 MAPEL MATEMATIKA
 3.      Dimengerti bersama  barisan  bilangan   12,  20,  30,  42, 56,  … Suku ke-22 yakni  ….
 A.    624
 B.     600
 C.     575
 D.    552
4. Perhatikan pola berikut!
 Di pola di atas kerkban yak noktah  di pol a ke-S yakni  ….
 A.    17
 B.      16
 C.     15
 D.     14
 6.       Pak Andi menjual sepeda  seharga Rp600.000,00   dan mendapat keuntungan sebesar 20%.Harga beli sepeda tersebut yakni ….
 A.     Rp420.000,00
 B.    Rp450.000,00
 C.    Rp500.000,00
 D.     Rp720.000,00
 7.      Perbandingan urnur Rahma,  Fadila, dan Taufik berturut-turut 8  :     3  :     10.  Seandainya selisih umur Rahma dan Taufik yakni 4 tahun, karenanya jumlah umur mereka bertiga yakni ….
 A.    52 tahun B.    44 tahun C.    42 tahun D.     40 tahun
 8.       Seorang pemborong akan membangun kantor berukuran 70 m x  90 m. Di denah terlihat ukuran kantor 14 cm x  18 cm. Skala denah tersebut yakni ….
 A.    1     :   5.000
 B.    1     :   500
 C.    1: 50
 D.      1:  5
 9.       Burhan dapat menyelesaikan  aktifitas mencangkul  sebidang lahan pertanian dalarn waktu
 4 hari dan Khoidir dapat menyelesaikan dalarn waktu 12 hari. Seandainya mereka bekerja bersarna- sama, waktu yang dibutuhkan yakni …
 A.    2 hari
 B.    3 hari 
 C.    4 hari 
 D.    6 hari
 10.   Perhatikan diagram panah di sarnping!                                           
 Relasi dari himpunan A ke himpunan B yakni ….
 A.    satu kurangnya dari
 B.     kurang dari 
 C.    faktor dari 
 D.   lebih dari
 11.      Seandainya  k  yaitu  penyelesaian   dari 5(7x-   4) = -3  (-9x + 12) +8,  nilai k-  7 yakni  ….
 A.     -8
 B.      -6
 C.      -5
 D.     -2
 12.      Persamaan   garis via  titik  (-2,3)  dan bergradien-3   yakni  ….
 A.     x + 3y + 3 =  0
 B.    x-3y+   3  =  0
 C.      3x + y+  3  =  0
 D.    3x-y+    3  = 0
 13.      Dimengerti bersama  himpunan   B =  {bilangan   prima  kurang  dari  15}.   Banyak  himpunan  bagian  dari B
 yang mempunyai   3  anggota  yakni  ….
 A.      6
 B.     15
 C.      16
 D.     20
 14.      Keliling   sebuah  persegipanjang    80 cm.   Seandainya  selisih  panjang  dan  lebarnya   12   cm,   luasnya yakni  ….
 A.    480 cm2
 B.    420 cm2
 C.      364 cm2
 D.    288 cm2
 15.    Format  sederhana  dari 5×2  –   2xy –  8y2 –  6×2  –  xy + 3y2  yakni  ….
 A.     -x2 – 3xy + 5y2
 B.    -x2 – 3xy –  5y2
 C.    x2 + xy-   5y2
 D.     x2+xy+5y2
 16.     Fungsifdirumuskan    dengan.l(x)  =  15-2x.    Seandainya.l(b)  = 7,  nilai  b yakni  ….
 A.    -4
 B.     1
 c.      4
 D.   11
 17.      Taman  bunga  Pak  Rahman  berbentuk   persegipanjang    dengan  ukuran  panjang  diagonalnya
 (3x  + 15)   peettante  dan (5x + 5)  peettante.  Panjang  diagonal  taman  bunga tersebut  yakni  ….
 A.    10 peettante B.     25 peettante C.     30 peettante D.     55 peettante
 18.    Dimengerti bersama   x -3 y-   5 = 0 dan  2x –  5 y = 9.  Nilai  dari  3x  + 2y  yakni  ….
 A.    -1
 B.     1
 C.     3
 D.   4
 19.     Suatu   regu   pramuka   beranggotakan    25  orang.   12   Orang   membawa   tongkat,   15  orang membawa bendera  semapur,  dan  6 orang  tak  membawa   keduanya.   Jumlah  anggota  yang membawa  kedua  alat  itu yakni  ….
 A.    2 orang B.      8 orang C.    21 orang D.     27 orang
 20.     Keliling  sebuah  lingkaran  yakni  31,4 cm.  Luas lingkaran  tersebut  yakni  … (n = 3,  14).
 A.    78,5   cm2
 B.      62,8   cm2
 C.    314cm2
 D.    628  cm2
 21             Perhatikan  gambar  lingkaran  dengan  pusat  O ! Garis AB yakni  ….
 A.     busur
 B.     jari-jari 
 C.    apotema 
 D.    tali busur
 22.      Perhatikan   gambar  lingkaran  berpusat  O berikut!
 Besar  LAOB  = 110°,   besar  LBDC  = ….
 A.    goo
 B.    70°                                                                                                               
 C.    55°
 D.      35°
 23.      Sebuah taman  berbentukjuring  lingkaran  dengan panjang jari-jari 21 m dan sudut pusat  120°. Di  sekeliling   taman  akan  dipasang  pagar  kawat  2 kalium  putaran.   Minimal   panjang  kawat yang diperlukan   yakni  … ( n = 2;).
 A.    44 peettante B.     64 peettante C.     86  peettante D.    172 peettante
 24.     Perhatikan  gambar
 Besar  LBAD  yakni  ….
 A.    50°
 B.    60°
 c.   70°                                                                              
 D.   120°  
 25.      Lantai  gedung  pertunjukan   yang  berukuran   25  m x  15 m  akan  dipasangi   ubin  berukuran
 50 cm x 50 cm.  Banyaknya  ubin yang diperlukan  yakni  ….
 A.     1.500    ubin B.      1.200  ubin C.    150   ubin
 D.     100 ubin
 26.     Perhatikan  gambar  berikut. (1) c2 = b2  –   a1
 (2) c2  = a1 – b2
 (3) b2  = a1 + c2
 (4) a2 = b2  + c2
 Dari  pemyataan   di atas,  yang benar  yakni  ….
 A.    (1) dan (3) B.     (2) dan (4) C.    (2) dan (3) D.    (3) dan (4)
 27.      Dimengerti bersama    segitiga  KLM  dan  segitiga  PQR  kongruen.   Besar  LKLM  = 74°,   LKML  = 46°, LPQR   = 60°  dan  LPRQ   = 46°.  Pasangan  sisi  yang  sama  panjang  di  kedua  segitiga  itu yakni  ….
 A.    KM=PR
 B.     LM=QR C.  KL=PQ D.    KM=PQ
 28.     Perhatikan   gambar  berikut!
 Trapesium  PTUV  sebangun  dengan trapesium  PQRS.
 Luas daerah  trapesium  PQRS  yakni  ….
 A.    117 cm2
 B.      210 cm2
 C.    234 cm2
 D.    468 cm2
 29.    Perhatikan  gambar  berikut!
 Sebuah   image  ditempel   di  selembar   karton   seperti   tampak di  gambar.  Di  sebelah  kanan  dan  kiri  image  masih  terdapat sisa karton  selebar  4  cm. Seandainya  image dan karton  sebangun,   luas karton  yang tak tertutup  image yakni  ….
 A.    464 cm2
 B.    524 cm2
 C.    600 cm2
 D.      768 cm2
 30.    Bidang  yang tegak  lurus dengan  bidang  ABGH  yakni  ….
 A.  ACGE B.    BDHF C.  ADGF D.     CDEF
 31.      Perhatikan  garnbar  di samping!
 Sebuah  balok  yang  tertata   dari  kubus-kubus   satuan  akan  dicat seluruh  permukaannya. Banyaknya  kubus satuan yang terkena  cat di dua sisinya  saja ada ….
 A.      8
 B.      16
 C.    20
 D.    24
 32.     Rudi  menerima   pesanan  untuk  menyusun  sebuah  kerangka  akuarium  berbentuk   prisma  dari bahan   aluminium.   Alas  kerangka   yang  akan  dibangun   berbentuk   segi-5   beraturan   dengan panjang  60 cm dan tinggi  prisma  80 cm. Seandainya harga  1   peettante  aluminium  Rp 20.500,00,   harga aluminium   seluruhnya  yakni  ….
 A.    Rpl  64.000,00
 B.      Rp185.000,00
 C.      Rp205.000,00
 D.     Rp250.000,00
 33.     Dimengerti bersama   prisma  tegak  dengan  tinggi  17  cm dan  alasnya  berbentuk  jajargenjang.  Seandainya  alas jajargenjang    12 cm dan tinggi  9 cm,  volume  prisma  itu  yakni  ….
 A.       612 cm3
 B.        918 cm3
 C.      1.836   cm3
 D.    2.754   cm3
 34.    Budi  menyusun   parasut  besar  dari  plastik  berbentuk   belahan   bola  sebanyak   15 buah.  Seandainya panjangjari-jari   parasut  2 m,  luas  plastik   minimal   yang diperlukan  yakni  ….   (n = 3,14)
 A.    753,6  m2
 B.    616,0    m2
 C.      376,8   m2
 D.     188,4    m2
 35.     Sebuah  dadu dilarnbungkan sekali.  Peluang  muncul  mata dadu  lebih dari 3  yakni  ….
 MatematikaSMP/MTs
 36.      Sebuah kantong  berisi bola yang terdiri  atas 18 bola merah,  12  bola biru, dan 10 bola kuning.
 Seandainya   diambil   sebuah   bola   secara   acak,   karenanya   peluang   terambilnya    bola   berwarna   biru yakni  ….
 A.       7
 B.     4
 C.       3
 D.    
37.Perhatikan gegevens berikut!
 Median  gegevens tersebut yakni  ….
 A.    7,5
 B.    8,0
 C.     8,5
 D.   9,0
 38.    Rata-rata  badan  pelajar pria  di  sebuah  kelas  61 kg dan rata-rata  berat  badan pelajar  wanita
 53 kg.  Seandainya rata-rata  berat  badan seluruh  pelajar di  kelas tersebut  56 kg dan banyak  pelajar
 32 orang,  kerkban yak pelajar pria yakni  ….
 A.     18 orang B.    16  orang C.     14 orang D.     12 orang
 39.   Hasil tes Matematika Kelas VIII D yakni selaku berikut: Nilai              4     5        6     7      8        9      10
 Frekuensi      3       4     5        7      6      3         2
 Banyak  pelajar  yang mendapat  nilai  kurang  dari 7 yakni  ….
 A.    20 orang B.     12 orang C.       9 orang D.      7 orang
40. Diagram gegevens produksi padi di suatu daerah dari tahun 2010 hingga dengan tahun 2014.
 Selisih  produksi  padi  dua tahun  terakhir  yakni  ….
 A.    500 ton B.   300 ton C.      100 ton D.    50 ton
Berikut yakni kisi-kisi Soal Siap Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) Tahun Pembelajaran 2017-2018 Mapel Matematika:
| Level Kognitif | Lingkup Bahan Soal UN SMP-MTs 2018 Mapel Matematika | |||
|---|---|---|---|---|
| Bilangan | Aljabar | Geometri dan Pengukuran | Statistika dan Peluang | |
| Pengetahuan danPemahaman Mendeskripsikan Menyusun tabulasi Menghitung Memprediksi Menentukan Mengklasifikasi | Peserta didik dapatmemahami pengetahuan mengenai:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- bilangan wujud akar- pola barisan bilangan- barisan dan deret | Peserta didik dapat memahamipengetahuan mengenai:- wujud aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- program persamaan linier duavariabel | Peserta didik dapatmemahami pengetahuan mengenai:- garis dan sudut- segiempat dan segitiga- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkung | Peserta didik dapatmemahami pengetahuan mengenai:- menyajikan dan mendeskripsikan gegevens di wujud tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang | 
| Program Mengkonstruksi Menyelesaikan masalah | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- aritmetika sosial- pola barisan bilangan- barisan dan deret | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- wujud aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- program persamaan linier duavariabel | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- segitiga dan segiempat- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang- kesebangunan dankekongruenan segitiga- bangun ruang sisi lengkung | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan mengenai:- penyajian gegevens di wujud tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- ukuran pemusatan data- peluang | 
| Penalaran Menafsirkan Menyimpulkan Menginterpretasi | Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- bilangan bulat- bilangan pecahan- perbandingan- pola barisan bilangan- barisan dan deret- aritmetika sosial | Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- wujud aljabar- persamaan linear satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- program persamaan linear duavariabel | Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- segitiga dan segiempat- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkung | Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- penyajian gegevens di wujud tabel, diagram batang, garis atau lingkaran- pemusatan data- peluang | 
Sumber https://mayastaqiem.blogspot.com/
